Kamis, 03 Januari 2013

PERBEDAAN KONTEKSTUAL DAN KONSEPTUAL



KONTEKSTUAL

Kontekstual berasal dari kata bahasa Inggris yaitu contextual dari kata context yang bermakna hubungan kata-kata, konteks, yang berhubungan dengan konteks, dilihat dalam hubungan dengan kalimat.

Dengan demikian kontekstual adalah upaya untuk melihat hubungan dalam kalimat yang terdapat dalam suatu naskah/ matan, karena hubungan kata-kata seringkali penting untuk memahami apa yang telah dikatakan.

Sistem Kontekstual adalah proses pendidikan yang bertujuan membantu siswa melihat makna dalam materi akademik yang mereka pelajari dengan jalan menghubungkan mata pelajaran akademik dengan isi kehidupan sehari-hari, yaitu dengan konteks kehidupan sehari-hari. Dengan kata lain penggunaan pembelajaran Konstekstual bermotto : “Belajar dengan penuh makna”. Pengetahuan yang bermakna diperoleh dari suatu proses yang bermakna pula, yaitu melalui penerimaan, pengolahan dan pengendapan, untuk kemudian dapat dijadikan sandaran dalam menanggapi gejala yang muncul kemudian. Melalui model Kontektual, pengalaman belajar bukan hanya terjadi dan dimiliki ketika seseorang siswa berada di dalam kelas, tetapi jauh lebih penting dari itu adalah bagaimana membawa pengalaman belajar tersebut keluar dari kelas, yaitu pada saat ia dituntut untuk menanggapi dan memecahkan permasalahan yang nyata yang dihadapi sehari-hari. 

KONSEPTUAL

Definisi istilah memberikan penjelasan mengenai istilah-istilah yang diguna-kan agar terdapat kesamaan penafsiran dan terhindar dari kekaburan. Istilah-istilah yang didefiniskan adalah istilah yang berkaitan dengan konsep-konsep pokok yang terdapat pada variabel penelitian. Definisi istilah idsampaikan secara langsung (bu-kan kutipan, tidak perlu diuraikan asal usulnya) dan lebih dititikberatkan pada pe-ngertian yang diberikan oleh peneliti sendiri. Kutipan-kutipan masuk pada bagian ka-jian teori.




DAFTAR PUSTAKA


http://makalahmajannaii.blogspot.com/2012/03/pemahaman-kontekstual-hadis.html
http://lorenatazo.blogspot.com/2009/12/definisi-konseptual-istilah.html
http://007indien.blogspot.com/2011/12/karakteristik-dan-tujuan-pembelajaran.html
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar