KONTEKSTUAL
Kontekstual berasal dari kata
bahasa Inggris yaitu contextual dari kata context yang bermakna hubungan
kata-kata, konteks, yang berhubungan dengan konteks, dilihat dalam hubungan
dengan kalimat.
Dengan demikian kontekstual
adalah upaya untuk melihat hubungan dalam kalimat yang terdapat dalam suatu
naskah/ matan, karena hubungan kata-kata seringkali penting untuk memahami apa
yang telah dikatakan.
Sistem Kontekstual adalah proses
pendidikan yang bertujuan membantu siswa melihat makna dalam materi akademik
yang mereka pelajari dengan jalan menghubungkan mata pelajaran akademik dengan
isi kehidupan sehari-hari, yaitu dengan konteks kehidupan sehari-hari. Dengan
kata lain penggunaan pembelajaran Konstekstual bermotto : “Belajar dengan penuh
makna”. Pengetahuan yang bermakna diperoleh dari suatu proses yang bermakna
pula, yaitu melalui penerimaan, pengolahan dan pengendapan, untuk kemudian
dapat dijadikan sandaran dalam menanggapi gejala yang muncul kemudian. Melalui
model Kontektual, pengalaman belajar bukan hanya terjadi dan dimiliki ketika
seseorang siswa berada di dalam kelas, tetapi jauh lebih penting dari itu
adalah bagaimana membawa pengalaman belajar tersebut keluar dari kelas, yaitu
pada saat ia dituntut untuk menanggapi dan memecahkan permasalahan yang nyata
yang dihadapi sehari-hari.
KONSEPTUAL
Definisi istilah memberikan
penjelasan mengenai istilah-istilah yang diguna-kan agar terdapat kesamaan
penafsiran dan terhindar dari kekaburan. Istilah-istilah yang didefiniskan
adalah istilah yang berkaitan dengan konsep-konsep pokok yang terdapat pada
variabel penelitian. Definisi istilah idsampaikan secara langsung (bu-kan
kutipan, tidak perlu diuraikan asal usulnya) dan lebih dititikberatkan pada
pe-ngertian yang diberikan oleh peneliti sendiri. Kutipan-kutipan masuk pada
bagian ka-jian teori.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar